Olahraga Bagi Penderita Sesak Nafas

Olahraga Bagi penderita sesak nafas – Tidak ada larangan bagi pasien asma untuk berolahraga , malah justru dianjurkan . Namun pemilihan jenis olahraga sebaiknya di pertimbangkan baik-baik , sebab beberaoa diantaranya bisa memicu sesak nafas kambuh . Beberapa jenis olahraga yang aman dan dianjurkan bagi pasien asma adalah Sebagai berikut :

 olahraga sesak nafas

  1. YOGA
    Seseorang yang melakukan olahraga yoga selama 1,5 jam dalam seminggu selama 10 minggu bisa mengurangi pemakaian obat asma . Manfaat yang sama juga bisa di dapat dengan mempraktikan olahraga beladiri pernafasan asal china , Tai Chi.
  2. Bersepeda santai
    Mengayuh sepeda untuk balapan mungkin bisa membuat asma anda kambuh , tetapi tidak jika di lakukan santai . Asma anda kambuh saat bersepeda biasanya di picu oleh napas yang ngos-ngosan sehingga saluran nafas mengalami kekeringan .
  3. Tenis
    Olahraga yang menggunakan raket memungkinkan pasien asma untuk berolahraga dengan jeda istirahat yang teratur , serta akses yang mudah untuk mengambil minuman . Kekambuhan asma terjadi bila saluran nafas mengalami kekeringan karena terjadi penguapan saat ngos-ngosan .
  4. Lari
    Lari jarak dekat jarang menyebabkan kekambuhan asma . Tetapi lari marathon bisa saja memicu kekeringan di saluran nafas , teruatama saat ngos-ngosan karena kelelahan. Namun bila memang suka, bukan berarti lari jarak jauh tidak boleh dilakukan pengidap asma. Yang terpenting, kondisinya terkontrol dan mendapatkan pengobatan yang diperlukan.
  5. Renang
    Berada pada posisi horisontal selama berenang juga bisa membebaskan mukus atau lendir yang mendengap di dasar paru-paru. Namun diingatkan, kandungan klorin dalam kolam renang yang terlalu banyak juga bisa memicu asma.

Nah untuk anda . bisa dicoba tuh dirumah , buat yang punya penyakit sesak nafas , cobain olahraga yang baik untuk tubuh kita .

Itulah yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat . 🙂